Kost Putri Area UMS | +62 852-2670-8090

Kost Putri Area UMS | +62 852-2670-8090

Kost Putri Area UMS - Solo sebagai salah satu kota besar yang ada di Jawa Tengah memiliki banyak sekali destinasi wisata yang rekomended seperti Taman Sriwedari, Pura Mangkunegaran, Kampung batik Kauman, Pandawa water world Solo Baru, Kebun Binatang Taru Jurug dan tempat wisata lainnya. Namun selain destinasi wisata yang banyak dan keren, Solo juga memiliki banyak jajan khas yang tidak boleh di lewatkan. Berikut beberapa jajan khas Solo yang harus di coba ketika main kesana.

1. Nasi liwet

Nasi liwet merupakan percampuran dari nasi putih yang disiram dengan santan kental yang disebut dengan areh ditambah dengan isi - isian seperti sayur labu siam, sewiran daging ayam, telur rebus kadang juga ditambah dengan jeroan ayam. 
Apabila kamu sedang jalan – jalan ke Solo, wajib banget mencoba nasi liwet ini. Harganya sangat terjangkau, mulai dari 5.000 rupiah saja.

2. Sate buntel

Sate buntel merupakan makanan kesukaan dari Bapak Jokowi dan katanya Bapak Soeharto dulu juga sangat menggemari sate buntel ini. Sebenarnya sate buntel tidak jauh berbeda dengan sate kambing pada umumnya, hanya saja pada sate buntel daging kambing yang telah di tusukan akan dibalut dengan lemak dari kambing. Lemak kambing yang terbakar akan mengeluarkan minyak khas lemak kambing dan menambah aroma lezat. Biasanya sate buntel akan dihidangkan dengan siraman kecap ditambah tomat dan sayur kol, jika ingin menambah rasa pedas bisa juga di tambahkan dengan irisan cabai.

3. Tengkleng

Masih seputaran dengan makanan dari olahan kambing. Tengkleg merupakan makanan yang terbuat dari tulang kambing yang masih ada sedikit daging yang menempel. Tengkleng tidak jauh berbeda degan gulai kambing, hanya saja kuahnya lebih cair sehingga menimbulkan sedikit kesan segar.

4. Brambang asem

Makanan ini hampir serupa dengan nasi pecel hanya saja tidak menggunakan nasi ataupun ketupat. Makanan ini sudah tergolong langka pada jaman sekarang, hanya orang – orang lama yang masih mengenalnya karena pembuatannya memerlukan resep khusus. 
Brambang asem terdiri dari rebusan daun ubi jalar dengan siraman bumbu, bumbu inilah yang membedakan brambang asem dengan nasi pecel. Bumbu brambang asem terbuat dari bakaran brambang (bawang merah) kemudian di ulek dengan tambahan gula jawa dan asem jawa. Rupanya ham[ir sama dengan bumbu lotis, hanya saja bumbu brambang asem jauh lebih encer.

5. Selat Solo

Makanan ini cukup unik, karena memiliki pengaruh dari makanan khas Eropa membuat selat Solo memiliki rasa yang unik. Selat Solo merupakan olahan daging sapi yang direbus dengan kuah encer. Kuah inilah yang memiliki rasa khas yang unik dimana kuahnya terbuat dari campuran bumbu khas Indonesia dan bumbu khas Eropa. Pembuatannya terdiri dari bawang putih, air cuka, kecap manis, merica, pala dan kecap Inggris. Di hidangkan bersama dengan rebusan wortel dan buncis, kentang goreng, selada segar, mentimun, kol atau brokoli, dan ditaburi keripik kentang. Bisa juga ditambah moster atau mayones. Wujudnya yang mirip dengan bistik membuat selat Solo disebut juga bistik Jawa.

6. Timlo

Seperti brambang asem yang mirip nasi pecel, timlo juga punya kembaran yaitu soto bening. Terdiri dari soun rebus, potongan ayam, sosis Solo, wortel dan telur rebus masak kecap lalu disiram dengan kuah kaldu panas yang segar. Terakhir ditambah dengan taburan bawang goreng. Harganya sangat terjangkau mulai dari 7.000 rupiah sampai 18.000 rupiah.

7. Es dawet selasih

Sumber : https://www.cumilebay.com/2016/12/cobain-segernya-dawet-telasih-pasar.html

Setelah menikmati hidangan berat dan gurih, kita wajib mencari hidangan yang segar sebagai makanan penutup salah satunya es dawet telasih. Es ini tidak beda dengan es dawet Banjarnegara yang terdiri dari cendol di campur santan dan gula aren cair, hanya saja dalam es dawet selasih di tambahi dengan bubur sumsum, rebusan selasih, potongan buah nangka, ketan merah dan tape ketan. Rasanya segar, manis dan gurih sangat cocok disantap pada siang hari.

8. Es gempol pleret

Masih yang manis dan segar. Selain es dawet telasih, Solo juga memiliki jajanan segar khas lainnya yaitu es gempol pleret. Bahan utamanya dari beras yang dibuat menjadi tepung yang dicampur dengan air mendidih dan di uleni (di aduk) sampai pulen dan dibuat menjadi bulatan kemudian direbus sampai masak, adonan bulat inilah si gempol. Selain dibuat bulatan tepung beras juga dibuat pipih yang disebut dengan pleret. Dari sinilah asal nama gempol pleret berasal. Selanjutnya tepung beras yang sudah dibentuk disiram dengan air santan, di tambah dengan sirup dan es batu. Tempilannya yang berwarna merah muda sangat menggugah selera.

9. Tahok

Makanan lainnay yang manis dari Solo yaitu tahok. Tahok terbuat dari sari rebusan kedelai yang memiliki terkstur kenyal dan lembut dengan di siram dengan air kuah yang terbuat rebusan gula jawa, jahe dan daun sereh membuatnya memiliki rasa khas yang beraroma apalagi disajikan sewaktu hangat.

10. Kue lapis Mandarin

Yang manis dari Solo tidak hanya yang berkuah dan segar, ada lagi yang manis dan legit yaitu kue lapis Mandarin. Kue lapis ini memiliki sifat manis dan legit dengan selai yang digunakan adalah selai nanas yang manis dan sedikit asam. Tektus kuenya lembut ketika dimakan. Kue lapis Mandarin dari Solo merupakan oleh – oleh wajib bagi para pelancong yang berkunjung.

11. Serabi

Serabi memiliki cita rasa manis yang berasa dari taburan gula dan gurih dari kuenya sendiri yang terbuat dari adonan tepung dan santan. Dihidangkan ketika masih hangat sangat cocok disantap saat pagi maupun sore hari dengan ditemani secangkir kopi atau teh.

12. Intip

Satu lagi jajanan khas yang bisa dijadikan oleh – oleh apabila jalan – jalan ke Solo yaitu Intip. Intip terbuat dari kerak nasi yang di panggang sampai kering. Sebelum di panggang, kerak nasi di campur dengan bumbu khas banyak varian. Bentuknya bundar rapi cekung seperti mangkuk dan tidak mudah remuk. Rasanya bervariasi ada manis, gurih, asin dan manis dengan lelehan gula jawa di atasnya. 

13. Sosis Solo

Ini dia yang sangat terkenal dari sederetan jajanan khas Solo, Sosis Solo. Bentuknya mirip risol dengan isian cincangan daging ayam / sapi. Di goreng sampai renyah dan di hidangkan dengan saus asam manis maupun saus tomat.

Kost Putri Area UMS | +62 852-2670-8090

Itulah jajan khas Solo yang wajib di coba ketika berkunjung ke Solo. Minat berkunjung ke Solo atau bahkan mau pindah ke Solo ? Tapi masih bingung mencari tempat penginapan. Tenang saja, di Solo banyak sekali tempat penginapan seperti hotel, kos-kosan harian, wisma sampai kontrakan. Hubungi saja kami ke nomor Telp/WA/SMS  ....

No comments:

Powered by Blogger.