Kost Dekat Kampus UMS Solo | +62 852-2670-8090

Kost Dekat Kampus UMS Solo | +62 852-2670-8090

Kost Dekat Kampus UMS Solo – Surakarta atau yang sering disebut dengan Solo, merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Letak kota ini berbatasan dengan beberapa kota lain yang ada disekitarnya. Mulai dari sebelah timur kota Solo ini, berbatasan langsung dengan Kabupaten Sukoharjo dan juga dengan Kabupaten Karanganyar. Sementara pada sebelah timur berbatasan langsung dengan Kabupaten Boyolali dan Karanganyar. Dan disebelah selatan berbatasan kembali dengan Kabupaten Sukoharjo. 

Secara letaknya, Solo ini memiliki tempat yang sangat strategis. Karena letaknya yang dapat menghubungkan daerah yang sering dikunjungi oleh banyak orang. Yaitu mempertemukan jalur yang  dari arah Yogyakarta, Jakarta dan Semarang menuju kota yang sangat banyak orang kunjungi yaitu Surabaya dan juga Bali. Dan juga dengan sebaliknya. Awal mulanya sejarah kota Solo ini bermula dengan adanya sebuah kerajaan yang bernama kerajaan Kertasura yang mengalami keruntuhan. Keruntuhan ini disebabkan karena adanya sebuah pemberontakan. 

Pemberontakan ini diawali dengan adanya penindasan yang dilakukan oleh kompeni VOC Belanda kepada orang-orang Cina yang berada diwilayah Jakarta. Kemudian orang-orang Cina tersebut lari menyelamatkan diri ke Jawa Tengah. Kemarahan dari orang-orang Cina tersebut dilampiaskan dengan melakukan pemberontakan kepada Kerajaan Kertasura yang dipimpin oleh Sunan Kuning. 
Pemberontakan ini didukung oleh Raden Mas Said yang juga merasakan kekecewaan dan juga marah kepada kebijakan yang diambil oleh Keraton Kerasura yang mengurangi serta memangkas daerah Sukowati yang dahulunya diberikan Keraton Kertasura kepada Ayahanda Raden Mas Said tersebut. 
Serangan demi serangan terus terjadi, dan pada akhirnya pasukan orang Cina tersebut berhasil menjebol pertahanan Keraton Kertasura sehinggan disitulah terjadi banyak korban jiwa yang bertumpahan. Untuk menghindari adanya peperangan yang lebih kejam, Baginda Sunan Pakubuana, memerintahkan kerabat keratin dan juga para abdinya untuk mengungsi ke daerah yang lebih aman yaitu ke wilayah Jawa Timur tepatnya didaerah Pacitan dan juga Ponorogo. Para orang-orang Cina tersebut berhasil menghancurkan dan juga menjarah keraton tersebut. 

Kost Dekat Kampus UMS Solo | +62 852-2670-8090

Pemberontakan tersebut lama kelamaan terdengar ditelinga Adipati Bagus Suroto yang berasal dari kadipaten Ponorogo dan ia pun marah dan juga membenci pemberontakan tersebut. Sehingga beliaupun memerintahkan pasukannya untuk menumpas pemberontakan tersebut. Dan akhirnya pemberontakan tersebut dapat ditumpaskan. 

Saat para abdi dalem keraton Kertasura tersebut kembali ke keraton, keadaanya sudah hancur. Dari situlah, Baginda Sunan Pakubuana memerintahkan beberapa orang yang salah satunya adalah Tumenggung Honggowoso untuk mencari tempat baru untuk pemerintahan yang baru. Para narapraja tersebut yang mencari tempat baru tersebut akhirnya menemukan 3 desa yang dapat dijadikan sebagai tempat baru untuk pemerintahan baru mereka. Diantaranya adalah desa Sala, desa Kadipolo dan desa Sana Sewu. 

Karena mereka semua menemukan 3 wilayah tersebut, akhirnya mereka melakukan perundingan dan akhirnya Kota Sala tersebut yang dipilih sebagai pusat pemerintahan yang baru untuk Keraton Mataram yang letaknya hanya berkisar 10 km dari timur Kartusara. 

Alasan memilih desa Sala sebagai pusat pemerintahan yang baru adalah karena dilihat dari sisi geografis dan juga magis religious. Letak dari desa Sala ini dekat dengan bengawan Solo yang sudah sejak dulu memiliki arti penting dalam berbagai hubungan social, politik dan juga militer antara Jawa Tengah dengan Jawa Timur.

Tepat pada 18 Februari 1745 kerajaan tersebut berpindah ke Desa Sala yang berada di tepi Sungai Bengawan Solo tersebut. Perpindahan tersebut dilakukan dengan hati yang sedih, karena keraton yang dahulu hancur. Untuk perpindahan keraton ini, Baginda Sunan Pakubuana memerintahkan abdi dalem untuk membabat hutan yang masih sangat belukar dan juga menimbun rawa-rawa. 

Peristiwa diatas dikenal sebagai Hari Lahirnya Kota Solo. Alasan mengapa orang mengatakan desa ini sebagai desa Solo adalah karena di Desa Sala tersebut ada seorang tokoh masyarakat yang sangat bijaksana, yang bernama Kyai Sala dan juga ada tanaman yang sejenis dengan pinus yang namanya adalah tanaman sala. 

Nah penyebutan mengapa kota Sala sekarang ini disebut dengan Solo adalah karena kesalahan orang-orang dari Eropa yang salah dalam penyebutan tersebut. Karena lidah mereka susah untuk menyebutkan kota Sala, sehingga mereka menyebutnya dengan kota Solo. Karena masyarakat Indonesia ini mengikuti kebiasaan tersebut, akhirnya Kota Sala ini terkenal dengan sebutan Solo. Walaupun nama resmi dari Kota Solo ini adalah Surakarta. 

Nah diatas adalah sejarah panjang adanya Kota Solo. Sekarang ini Solo juga mengalami perkembangan yang cukup meluas. Mulai dari segi tatanan kota sampai dengan pendidikan, sekarang ini banyak yang didirikan. Salah satunya adalah perguruan tinggi. Dengan begitu kota Solo ini sekarang menjadi semakin padat karena adanya banyak pendatang yang menimba ilmu dikota Solo. Dengan banyaknya pertambahan penduduk tersebut, yang banyak dari golongan mahasiswa dan juga para perantau, tentunya sekarang banyak yang membuthkan tempat tinggal atau yang sering disebut dengan kost. 

Yah benar kost, adalah salah satu jasa penginapan yang dapat disewa dengan jangka waktu yang cukup lama. Nah disini kami menyediakan kost yang memiliki tempat strategis, yaitu kost di dekat kampus UMS Solo. Jadi bagi anda yang seorang mahasiswa tidak udah mengeluarkan uang banyak untuk transportasi karena kostnya yang memiliki jarak yang dekat dengan kampus. Dengan fasilitas yang memadai seperti rumah sendiri, anda dapat menikmatinya di kost kami ini. Bagi anda yang ingin menyewa kost ditempat kami dapat dengan menghubungi kami di +62 852-2670-8090 via WA/Telp/SMS. Dan kost ini adalah kost yang khusus untuk putri saja, dan memiliki kemanan yang sangat terjaga. 

No comments:

Powered by Blogger.